Mengenal Berbagai Jenis Sensor Pada Smartphone, Kamu Harus Tau?

Semakin majunya zaman, semakin berkembang juga teknologinya. salah satunya iyalah smartphone atau kita sering menyebutnya ponsel pintar, saat ini memang smartphone menjadi kebuhutuhan masyarakat sekarang, bagaimana tidak, setiap saat kita tidak bisa terlepas dari yang namanya smartphone, mulai untuk berkomunikasi, bersosial media, atau mungkin untuk bermain games. dengan kemudahan yang dimiliki smartphone untuk menunjang kebutuhan kita keseharian, membuat perangkat ini merajalela.

Berbagai Jenis Sensor Pada Smartphone

Tetapi sayangnya ada bagian dari kecanggihan yang dipunyai smartphone ini, belum banyak diketahui oleh orang, yaitu sensor.

Sensor yang tertanam pada ponsel pintar itu terdiri dari beberapa jenis yang tentu saja memiliki fungsi yang berbeda - beda. lalu apa saja sensor yang ada pada ponsel pintar ini? Berikut ulasannya.

Mengenal Fungsi Berbagai Macam Sensor di HP Android

1. Accelerometer Sensor

Accelerometer merupakan sensor yang berfungsi untuk memperkirakan percepatan, mendeteksi dan mengukur getaran ataupun untuk mengukur percepatan akibat gravitasi bumi.

Di smartphone, Accelerometer Sensor berfungsi dalam mengidentifikasi ketepatan arah sebuah perangkat pintar.

Dalam pelaksanaannya sensor ini digunakan pada beberapa game seperti Asphalt, Raging Thunder, dan masih banyak lagi, yang mana dengan adanya sensor ini kamu cukup memiringkan ponsel saat ingin belok kanan atau kiri.

2. Gyroscope Sensor

Gyroscope merupakan perangkat untuk menakar atau mempertahankan orientasi dengan prinsip ketentuan momentum sudut. landasan kerjanya yakni adanya sebuah roda berputar dengan piringan didalamnya yang tetap stabil.

Sebenarnya alat ini berkerja sama dengan Accelerometer. yang membedakannya yaitu Accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi, sementara Gyro Sensor tidak.

Keterbatasan yang dipunyai oleh Accelerometer membuat ponsel pintar seringkali tidak akurat dalam menetapkan perubahan gerakan arah terutama rotasi.

Di beberapa games yang memperlukan sensor gerakan lebih dari mengayunkan ke kanan dan ke kiri seperti halnya first person shooter yang menggunakan arah smartphone, atau 360VR yang menggunakan cardboard, maka sensor gyro sangat mutlak untuk hadir di ponsel pintar.

Di gyroscope terdapat gyro sensor untuk menentukan orientasi gerak dengan bertopang pada roda atau cakram yang berotasi dengan cepat pada sumbu. Gyro sensor sendiri mempunyai fungsi untuk mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna.

3. Magnetometer

Pernahkah kamu memakai kompas? Jika pernah, maka kamu akan mampu mendapati fungsi seperti kompas ini pada ponsel pintar kamu. Ya, dengan sensor tersebut yang terdapat pada perangkat ponsel pintar, kamu akan mampu mendeteksi logam yang ada disekitar kamu.

Magnetometer mampu mendeteksi medan magnet seperti layaknya kompas yang dilengkapi pendeteksi medan magnet untuk mengarahkannya pada kutub utara bumi.

4. Proximity

Yang kempat, sensor yang ada di ponsel pintar adalah Proximity. Sensor ini terdiri dari LED inframerah dan detektor cahaya inframerah. Sensor ini pada umumnya ditempatkan di dekat lubang suara disebuah ponsel pintar, dengan tujuan saat penggunanya menerima telepon dengan mendekatkannya di telinga maka sensor ini akan aktif dan cahaya layar pun akan dimatikan.

Dari itulah baterai ponsel pintar akan menjadi lebih hemat saat kamu sedang menelepon. Sensor ponsel pintar ini sendiri berkerja dengan memancarkan cahaya inframerah yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia, yang dipantulkan dari objek terdekat dan dijemput oleh detektor inframerah.

5. Barometer

Sensor selanjutnya adalah Barometer, yang berada pada ponsel pintar, sesuai dengan namanya, maka sensor ini akan berguna untuk mengukur tekanan udara atau atmosfer. dengan menggunakan sensor ini lokasi kamu akan di ukur untuk menentukan posisi kamu diatas permukaan laut yang biasanya memiliki tekanan udara yang tinggi.

Dari itulah kemudian kamu akan mampu mengoptimalkan akurasi GPS pada ponsel pintar, namun sayangnya sensor ini tidak dimiliki oleh semua ponsel pintar karena hanya ponsel high-End seperti Motorola XOOM dan Samsung Galaxy Nexus yang memiliki sensor ini.

6. Sensor Cahaya

Sensor cahaya merupakan sensor ponsel pintar yang berkerja dengan cara menyesuaikan kecerahan layar ponsel pintar itu sendiri, berdasarkan cahaya di lingkungan sekitarnya. jadi saat sensor ini dihidupkan dengan cara menyetel kecerahan pada ponsel pintar maka sensor akan berjalan dengan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Jika seandainya cahaya disekitar melimpah, maka kecerahan layar bertambah, sedangkan ketika cahaya di sekitar sedikit/redup, maka kecerahan layar akan berkurang. dengan adanya otomatisasi cahaya di sensor ini maka daya tahan baterai di ponsel pintar akan sedikit lebih awet sebab layar ponsel pintar kamu tidak selalu menyala terang.

7. Orientation Sensor

Sensor ini berguna untuk mengetahui orientasi ponsel dan mendeteksi posisi ponsel pintar apakah dalam mode landscape atau portrait.

Sensor ini yang digunakan untuk memutar layar secara otomatis.

8. Termometer

Yang terakhir, jenis sensor yang umumnya ada di ponsel pintar adalah termometer. sensor termometer pada umumnya berkerja saat perangkat atau baterai mengalami overheat (pemanasan berlebih). Jika saat terjadi hal tersebut maka sensor termometer ini akan berkerja untuk mematikan perangkat secara otomatis.

Dengan hal ini maka ponsel pintar akan terhindar dari adanya kerusakan. pada awalnnya sensor ini hanya dipunyai oleh samsung galaxy s4. Namun kini sudah banyak perangkat ponsel pintar yang sudah melengkapi sensor termometer ini.

0 Response to "Mengenal Berbagai Jenis Sensor Pada Smartphone, Kamu Harus Tau?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel