Terbaru: Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone

Terbaru: Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone – Smartphone sekarang ini sudah menjadi barang yang penting untuk dibawa kemana - mana. Entah untuk melakukan kegiatan memotret, berkomunikasi, atau mungkin untuk melihat aplikasi maps. Namun dengan aktivitas yang sering pada smartphone membuat daya baterai cepat habis.

Solusinya tentu harus dicharging kembali untuk mengisi daya baterai pada smartphone. Dan pada smartphone tertentu yang sudah mendukung fitur fast charging tidak mempermasalahkan akan hal ini, karena hanya dicolokan sebentar saja sudah terisi hampir penuh.

Mempercepat Pengisian Daya Baterai

Tetapi masalahnya untuk smartphone yang tidak mendukung fitur fast charging, yang mana bisa berjam - jam untuk mengisi daya baterai hingga penuh. Untuk itu kali ini penulis akan berbagi mengenai "Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone"

Berikut ini ada beberapa trik untuk mempercepat pengisian baterai di smartphone kamu..

1. Gunakan charger original bawaan smartphone

Kita terkadang pada waktu - waktu tertentu saat tidak memungkinkan menggunakan charger original bawaan smartphone, pasti akan meminjam ke teman. Padahal menggunakan charger yang tak sesuai bisa memperpendek usia baterai.

Namun untuk charger bawaan smartphone, pastinya sudah disesuaikan dengan tegangan daya yang pas untuk smartphone kamu. Menggunakan charger tidak jaminan akan mempercepat proses charging pada smartphone kamu.

2. Gunakan charger dengan tegangan lebih tinggi

Untuk mempercepat pengisian daya baterai di smartphone, adalah menggunakan charger dengan arus listrik yang lebih besar. Misalkan charger dengan arus 1 Ampere akan lebih lambat dibandingkan dengan charger dengan arus 2 Ampere.

Dan pastikan juga charger yang kamu gunakan adalah original, karena biasanya charger yang tidak original arus listrik yang dialirkan tidak sesuai yang diharapkan dengan kenyataannya.

Tapi perlu diingat cara ini hanya kamu gunakan saat urgent saja, karena jika terlalu sering menggunakan charger yang tidak sesuai dengan daya akan mengakibatkan kerusakan pada smartphone kamu.

3. Jauhkan dari tempat yang panas

Tempat untuk mengisi daya baterai smartphone ternyata sangat berdampak terhadap kecepatan pengisian daya. Kamu perlu menghindari tempat yang bersuhu panas atau terpapar sinar matahari langsung karena bisa menghambat durasi pengisian daya.

4. Mematikan smartphone atau airplane mode

Kita seringkali menggunakan smartphone saat sedang di charger, taukah kamu aktivitas buruk ini bisa menghambat pengisian daya baterai? Untuk mempercepat pengisian daya baterai, mematikanlah smartphone atau mengaktifkan airplane mode. Alasannya, saat smartphone menyala akan aktif mencari sinyal yang menghabiskan daya. Dengan mematikan smartphone atau mengaktifkan airplane mode akan mengistirahatkan smartphone dari berbagai aktivitas.

Kamu kuat tidak menggunakan smartphone hingga beberapa saat?

5. Jangan isi daya melalui port USB komputer

Arus daya di komputer biasanya tidak stabil sehingga membutuhkan waktu yang relatif agak lama. Selain itu arus bawaan komputer biasanya maksimal hanya 1 Ampere saja.

6. Coba Kalibrasikan Baterai Pada Smartphone

Penggunaan baterai dalam jangka waktu yang relatif lama dapat menurunkan performa baterai. Sehingga baterai tidak akan memperlihatkan level keakuratan smartphone yang asli jika sudah terlalu lama digunakan.

Ini berimbas juga pada seberapa lama proses charging dilakukan. Mungkin saja charging yang kita lakukan sebenarnya belum mencapai 100 persen karena keakuratan baterai yang telah menurun, sehingga mudah membuat habis daya baterainya. Untuk itu lakukan kalibrasi baterai minimal sebulan sekali supaya peformanya bisa membaik.

7. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Penggunaan aplikasi penghemat baterai dapat membantu mempercepat proses pengisian baterai. Dikarenakan fungsinya dalam menutup beberapa aplikasi yang menyala. Dengan menutup aplikasi yang menyala dapat memaksimalkan pengisian daya baterai.

Dan ada beberapa aplikasi yang disarankan seperti aplikasi Fast Battery Charging, Fast Charging, atau Quick Charger.

Akhir Kata

Itulah beberapa trik "7 Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone" yang telah penulis rangkum. Dengan adanya artikel ini semoga bisa berguna untuk kamu, dalam mempercepat proses pengisian baterai.

0 Response to "Terbaru: Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel