Ya Ampun Ternyata Ini Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri Ampuh – Pernahkah kamu mengalami kejadian saat sedang menggunakan laptop tiba - tiba laptop mati sendiri? iya hal itu sangat menyebalkan bukan? apalagi disaat kita sedang menggunakan untuk mengerjakan sesuatu yang penting, entah itu tugas dari sekolahan, atau mungkin dari pekerjaan, dan saat digunakan untuk bermain game pun seringkali mengalami hal tersebut. Lalu, bagaimana jika mengatasi laptop yang mati secara tiba - tiba? nah pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahasnya.

Sekarang ini, banyak yang munggunakan laptop untuk keperluan pribadi ataupun karena ada tugas yang memang harus menggunakan laptop. seperti halnya para pelajar, mereka menggunakan laptop bukan tanpa alasan, melainkan untuk membantu proses belajar mereka, karena bisa jadi lebih efisien. tentu jika masalah laptop tiba - tiba mati sendiri saat sedang melakukan aktivitas tersebut pasti akan menyebalkan, mungkin saja dari kita pernah mengalami hal tersebut.

Laptop Sering Mati Sendiri

tatkala hal tersebut sedang kamu alami, kamu harus terlebih dahulu mengetahui beberapa hal, apa penyebab laptop mati secara tiba - tiba, langsung saja simak ulasannya dibawah ini :

1. Overheating

Laptop yang overheat dapat menyebabkan laptop mati sendiri. gejala pertama yang mungkin akan terjadi pada laptop yang mengalami overheat adalah laptop mulai restart secara tiba - tiba. laptop yang overheat diakibatkan karena aktivitas pengguna yang menggunakan pada tempat ringan seperti bantal, kasur atau karpet berbulu.

Dengan menggunakan, laptop seperti itu membuat sirkulasi udara menjadi tidak baik, karena udara yang masuk ataupun keluar menjadi terganggu sehingga udara panas yang ada di dalam laptop tidak bisa keluar dan tetap berada di dalam yang menyebabkan perangkat hardware laptop ikut panas.

Namun hal tersebut hanya salah satu faktor dari penyebab laptop mengalami overheat, masih ada beberapa benyebab lainnya, seperti menggunakan laptop secara berlebihan, atau bermain game hingga berjam - jam lebih, atau mungkin karena komponon - komponen hardware laptop kotor, terslimuti debu sehingga menyebabkan tersumbat seperti kipas laptop dan lainnya.

* / Cara Mengatasi

Untuk mengatasi laptop mengalami hal tersebut sangatlah mudah, kamu perlu membiasakan diri agar menggunakan laptop dengan baik dan benar. seperti memastikan alas yang digunakan rata dan keras sehingga tidak mengganggu sirkulasi keluar masuknya udara. menggunakan laptop sewajarnya, jangan terlalu lama untuk bermain game terlebih game bergrafik tinggi, karena sistem laptop akan berkerja lebih untuk mengolah data game bergrafik tinggi tersebut dan yang terakhir jaga kebersian laptop itu sendiri dan hindari ruangan yang banyak debunya.

2. RAM bermasalah

RAM bermasalah mungkin ini adalah salah satu faktor penyebab terjadinya laptop tiba - tiba mati sendiri, mengingat RAM menjadi tempat penyimpanan data sementara ketika proses di laptop sedang berjalan. mungkin saja karena RAM sudah berdebu tentunya sudah sepantasnya untuk dibersihkan.

Tetapi saat RAM bermasalah, maka proses - proses yang sedang berlangsung akan mengalami perlambatan dari pada biasanya, tentu saja ini akan menggangu pengoperasian laptop itu sendiri, karena RAM memiliki peran yang penting dalam keberlangsungan sebuah laptop.

* / Cara Mengatasi

Untuk mengatasi laptop yang tiba - tiba mati sendiri karena diakibatkan oleh sebuah RAM, maka kamu bisa membersihkannya dibagian kuningan RAM, debu memang menjadi salah satu faktor penyebab RAM bermasalah, terkadang bisa menyebabkan RAM tidak terbaca.

Dan pastikan juga untuk meletakkan laptop pada tempat yang bersih dan hindarilah debu karena bisa masuk ke komponen laptop melalui celah - celah dan menempel ke komponen hardware laptop termasuk di RAM. selain itu, kamu juga dapat melakukan upgrade atau menambahkan kapasitas RAM, tetapi hanya untuk laptop yang sudah mendukung fitur penambahan RAM saja. dengan melakukan hal ini, kinerja laptop pasti akan jauh lebih baik.

3. Pasta Processor kering

Fungsi thermal paste atau sering kita sebut pasta prosesor ini adalah untuk menyalurkan panas dari prosesor ke heatsink. karena pada dasarnya permukaan pada prosesor dan heatsink tidaklah rata sehingga dibutuhkan penghubung supaya panas bisa ditransfer secara maksimal.

Namun jika tidak memakai thermal Paste, transfer panas/heat dari prosesor ke HSF jadi tidak sempurna, akibatnya prosesor akan menjadi cepat panas dan suhunya akan melambung tinggi, tidak terkendali sehingga komputer akan mati sendiri.

Tujuan thermal paste/pasta prosesor adalah mengisi rongga - rongga yang terbentuk oleh IHS dan HSF. jika rongga tersebut tidak diisi, otomatis penampang yang bersinggungan antara IHS dan HSF lebih sedikit. Nah untuk memaksimalkan konduksi panas maka pori - pori ini diisi oleh thermal paste.

Namun kita seringkali mendapati thermal paste kering, ini diakibatkan oleh thermal paste yang murahan, biasanya thermal paste yang mahal akan lebih tahan lama dan tentunya akan lebih maksimal dalam menghantarkan panas dari prosesor ke heatsink.

Tanda bahwa pasta processornya kering yaitu laptop/komputer akan sering kali restart atau bahkan mati sendiri padahal belum lama dinyalakan. dan biasanya hal ini terjadi saat laptop/komputer sudah cukup lama dipakai.

* / Cara Mengatasi

Pasta prosesor juga memiliki batas waktu, jadi ketika sudah kering, maka kamu wajib untuk menggantinya. Salah satu tanda kalau pasta processor kering adalah laptop sering mati sendiri. Gejala awalnya adalah laptop menjadi cepat panas.

Kamu bisa mengganti dengan membawa ke tempat service laptop terdekat, supaya tidak terjadi hal - hal yang tidak di inginkan. namun jika kamu sudah ahli/sering mengganti pasta prosesor pada laptop maka tidak usah dibawa ketempat service, cukup mengganti sendiri.

4. Kabel Power Bermasalah

Kita seringkali lalai/menganggap sepele terhadap masalah kabel power, namun tahu kah kamu? bahwa kabel power sangatlah penting dalam keberlangsungan laptop itu sendiri, karena kabel power ini mengalirkan listrik ke laptop. tanpa adanya kabel power mungkin saja laptop tidak berfungsi dengan baik.

Lalu apa hubungannya dengan laptop yang tiba - tiba mati sendiri? begini teman, seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa kabel power sangat penting untuk keberlangsungan laptop itu sendiri. terkadang yang tidak disadari oleh kita yaitu kabel power mengalami kerusakan, entah dibagian kepala kabel power, bahkan mungkin saja dibagian dalam kabel power yang terputus. akibatnya arus listrik tidak terhubung dengan sempurna bahkan terputus.

Namun laptop yang tiba - tiba mati sendiri, juga bisa diakibatkan oleh tidak sempurnanya memasang/mencolokkan kabel power.

Untuk memastikannya kamu bisa melihat lampu indikator baterai charging pada laptop kamu. tetapi jika lampu hidup, maka hal itu tidak menjadi problem, akan tetapi jika lampu indikator baterai mati kemungkinan sambungan listriklah yang mengalami kendala.

* / Cara Mengatasi

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa meminjam kabel power milik teman dahulu, dengan catatan : charger mempunyai daya yang sama. setelah mencoba ternyata bisa, maka kemungkinan besar kabel power atau charger laptop kamu sudah rusak.

Nah jika sudah menemukan akar permasalahannya, maka kamu bisa membeli kabel power yang baru di toko - toko laptop terdekat. jangan lupa, sebelum membelinya alangkah baiknya kamu mencoba terlebih dahulu. dengan mengganti kabel power yang rusak mungkin akan mengatasi laptop yang tiba - tiba mati sendiri.

5. Operasi Sistem Bermasalah

Operasi sistem error, mungkin saja ini menjadi penyebab laptop tiba - tiba mati, karena bisa jadi operasi sistem mengalami crash. misalnya saja saat kamu lagi menginstall program secara tidak utuh yang bisa membuat laptop kamu mati secara tiba - tiba.

Namun tidak hanya itu saja penyebab terjadinya laptop mati secara tiba - tiba, mungkin saja dikarenakan operasi sistem kamu terserang virus, karena memang virus sangat berbahaya untuk operasi sistem terutama di perangkat desktop. dengan virus menyerang operasi sistem maka akan membuat kinerja laptop menjadi menurun, bahkan bisa menyebabkan mati.

* / Cara Mengatasi

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menginstall ulang program tersebut dan pastikan juga bahwa penginstallan tersebut berjalan dengan sempurna. dan yang tak kalah penting cek apakah software yang ingin kamu install sudah didukung oleh laptop kamu.

Dan jangan lupa, sebelum menginstall operasi sistem, lakukan backup data yang masih terdapat pada local disk C atau disk sistem. karena ketika proses instalasi nanti, data tersebut akan terhapus.

6. Motherboard Pada Laptop Bermasalah

Tidak ada motherboard di dalam laptop, maka laptop tidak akan menyala karena motherboard merupakan komponen utama bagi laptop, motherboard merupakan tempat terpasangnya semua jenis komponen yang akan mendukung kinerja laptop itu sendiri. jika motherboard memiliki masalah tentu ini akan membuat keseluruhan laptop tidak berfungsi, termasuk data penting kita yang terdapat pada Hard Disk Drive tidak akan bisa diakses kecuali Hard Disk Drive dicabut (dikeluarkan dari laptop), lalu dihubungkan ke laptop lain atau dengan konektor (misalnya SATA-to-USB).

Terlebih jika motherboard dalam keadaan sudah usang atau sudah tidak mendukung program - program yang akan membuat kinerja laptop lebih berat. saat digunakan untuk melakukan pekerjaan berat, maka laptop mati sendiri ketika dihidupkan.

* / Cara Mengatasi

Jika spesifikasi laptop tersebut masih memungkinkan untuk menjalankan tugas yang biasa kamu jalankan, maka kamu dapat mengganti motherboard laptop tersebut dengan yang baru. namun jika spesifikasinya sudah tidak memungkinkan, lebih baik mengganti laptop dengan yang baru.

Begini teman, motherboard memiliki harga yang tidak murah, jika dirasa spesifikasi laptop masih mempuni dan masih mampu dalam menunjang kebutuhan kamu sehari - hari, maka lebih baik memperbaiki laptop. namun jika dirasa laptop sudah ketinggalan jaman maka alangkah baiknya membeli laptop yang baru saja.

Akhir Kata

Itulah "Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri" saya sudahi artikel ini, semoga bermanfaat untuk kamu dalam mengatasi masalah tersebut, sekian terimakasih. sampai jumpa di artikel - artikel selanjutnya.

0 Response to "Ya Ampun Ternyata Ini Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel