Jenis - Jenis Pelindung di Layar Ponsel, Kamu Wajib Tau

Mengenal Jenis - Jenis Pelindung pada Layar Ponsel – Layar merupakan bagian paling vital pada sebuah smartphone. Dikarenakan layar adalah tempat mengvisualkan isi yang ada didalam smartphone. Coba bayangkan jika tidak ada layar pada perangkat smartphone, tentu saja smartphone tidak bisa digunakan.

Dan juga smartphone kerapkali terjatuh dan membuat layar menjadi rusak, tentu ini juga akan mengganggu pengoperasian saat menggunakan smartphone tersebut.

Jenis - Jenis Pelindung di Layar Ponsel

Maka dari itu, kini para produsen smartphone berfikir keras agar ponsel buatannya memiliki pelindung layar yang baik. Tujuannya agar ponsel yang diproduksinya mempunyai kekuatan layar yang lebih kuat dan kokoh.

Berikut ini ada jenis - jenis layar ponsel yang banyak digunakan oleh produsen untuk melindungi ponsel milik mereka.

1. Gorilla Glass

Gorilla Glass merupakan pelindung layar yang paling poluler dan banyak digunakan oleh banyak perangkat elektronik dibandingkan jenis lainnya. Salah satunya pada perangkat ponsel dan hampir semua merek ponsel yang ada dipasaran menggunakan pelindung layar ini.

Teknologi pelindung layar Gorilla Glass ini dikembangkan oleh perusahaan manufaktur kaca bernama Corning yang berbasis di Amerika Serikat sedangkan untuk produksinya dilakukan di jepang.

Gorilla Glass sendiri banyak dipercaya sekaligus digunakan oleh produsen ponsel pintar karena keunggulannya yang berbahan tips tetapi sangat kuat dan kokoh.

Selain kuat terhadap goresan, Gorilla Glass ini diklaim mampu menahan tekanan sampai lebih dari 120 pound atau setara dengan 54, 43 kg, keren bukan?

Karena keunggulannya inilah Gorilla Glass banyak digunakan diperangkat elektronik termasuk pada ponsel pintar.

2. Oleophobic Coating

Oleophobic Coating merupakan lapisan Layar yang memiliki kelebihan untuk melindungi layar dari goresan kecil. Dengan menggunakan pelindung layar ini memungkinkan ponsel kamu bisa menangkal kotoran dan bekas sidik jari yang biasanya menempel pada layar.

Namun lapisan layar yang satu ini namanya tidak begitu terkenal dibanding dengan nama pelindung - pelindung layar ponsel lainnya. tapi pantas dicoba pada ponsel kamu karena bisa menjadi perlindungan sederhana dalam mengatasi goresan kecil atau dari gangguan kotoran yang menempel pada layar ponsel.

3. Scratch-Resistant Glass

Scratch Resistant Glass adalah tipe pelindung layar ponsel yang dapat meproteksi layar dari goresan. Akan tetapi pelindung layar ini hanya mampu melindungi layar smartphone dari goresan kecil saja.

Jadi untuk itu, disarankan selalu menggunakan anti gores atau tempered glass terbaik, dengan catatan jika layar ponsel kamu hanya dilindungi dengan pelindung tipe ini.

4. Drgontrail Glass

Drgontrail Glass merupakan pelindung layar yang menjadi rival terdekatnya Gorilla Glass. Bukan tidak mungkin karena pelindung layar keluaran Asahi Glass ini diklaim mampu menahan tekanan beban hingga 60 kg dengan ketebalan kaca hanya 1 mm saja.

Dalam sebuah video, menjelaskan bahwa pelindung layar ponsel jenis ini mempunyai ketahanan yang luar biasa, ketahanan yang dimiliki Dragontrail Glass dibuktikan dengan cara dipukul dengan palu, ditekuk dan digores dengan menggunakan kunci, dan uji coba yang dilakukan tersebut berhasil dilalui tanpa meninggalkan bekas apapun pada layar tersebut.

Sungguh mengesankan pencapaian yang luar biasa dalam membuat sebuah layar ponsel yang kuat terhadap berbagai macam uji coba yang dilakukan tersebut.

5. Concore Glass

Concore Glass merupakan produk kaca yang dipoduksi oleh perusahaan Corning yang juga memproduksi pelindung layar Gorilla Glass. Akan tetapi yang membedakan diantara Concore Glass dengan Gorilla Glass adalah "Concore Glass berjenis OGS (One Glass Solution)" dimana pelindung ini telah menyatu langsung dengan layar.

Tentu ini akan berguna membuat layar semakin tips dan juga lebih kaya dengan warna karena tidak ada lapisan tambahan yang di pasangkan di atas layar seperti yang dilakukan pada jenis pelindung layar Gorilla Glass.

Namun disayangkan kebanyakan produsen smartphone tidak mengenakan Concore Glass pada produknya, ini tentu akibat mahalnya harga yang ditawarkan oleh tipe Concore Glass dibandingkan dengan harga Gorilla Glass.

Jika seandainya produsen menggunakan kaca jenis ini maka tentu saja smartphone yang dihasilkannya akan memperlukan biaya produksi yang lebih tinggi yang mengakibatkan harga jualnya akan tinggi.

6. Sapphire Glass

Dalam sebuah penelitian, Sapphare merupakan material terkuat kedua di dunia setelah berlian. Akhirnya dibuatlah material Sapphire untuk pelindung layar ponsel, seperti yang disematkan pada lensa kamera di iPhone keluaran Apple.

Tetapi dalam sebuah pengujian lain, Sapphire Glass tidak lebih baik ketahanannya dari Gorilla Glass. Akhirnya pun kaca pelindung yang terbuat dari material ini mulai ditinggalkan oleh para produsen dan beralih menggunakan Gorilla Glass.

7. Rhino Glass

Pelindung layar yang mempunyai kekuatan tangguh dan kokoh berikutnya adalah Rhino Glass Shield, pelindung layar ini mampu tahan terhadap benturan maupun goresan, teknologinya pun berbeda dengan konsep Gorilla Glass ataupun Sapphire Glass yang langsung melapisi layar perangkat.

Rhino Glass merupakan screen protector yang sangat tipis, karena saking tipisnya screen protector ini, membuat ponsel kamu seperti tidak memakai screen protector. Dan teknologi ini mampu menahan gempuran dari objek seperti pisau, palu, dan bola besi yang cukup berat.

Penutup

Itulah beberapa jenis pelindung layar untuk ponsel yang banyak bertebaran dipasaran dan digunakan di berbagai tipe dan merek smartphone. Kita sebagai pengguna smartphone sebaiknya kita menggunakannya dengan bijak. Karena tidak ada yang menjamin bahwa smartphone yang kita gunakan, tetap kuat untuk menahan benturan atau goresan walaupun memakai lapisan kaca yang kuat.

0 Response to "Jenis - Jenis Pelindung di Layar Ponsel, Kamu Wajib Tau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel