Tips: Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri di Android

Sering kali kita mengalami masalah waktu menyentuh layar smartphone, misal gini kita klik aplikasi A malah yang kebuka aplikasi B, terkadang juga layar seakan bergetar dengan sendiri-nya, mungkin ini yang dinamakan Ghost Touch, dari permasalah ini terkadang kita menjadi malas buka smartphone, apalagi pas waktu balas pesan pasti tulisannya misstyped (Typo) malah bikin kesel saja, akibatnya bisa bikin gagal paham dengan orang yang kita kirimi pesan tersebut karena tulisannya abrul-adul.

Mungkin saja, ini terjadi di setiap smartphone entah yang memiliki spesifikasi tinggi maupun yang sedang-sedang saja, karena masalah ini penyebabnya berbagai faktor mulai dari baterai yang performanya menurun, atau dari Chargernya, dan lain-lain atau mungkin penyebabnya bukan dari softwarenya melainkan dari hardware terutama kerusakan pada layar sentuhnya, mungkin karena pernah jatuh ataupun kemasukan air.

Untuk mengatasi layar sentuh yang bergerak sendiri atau yang sering disebut ghost touch ini. ada berbagai cara supaya tidak bergerak/tersentuh dengan sendirinya pada smartphone. Berikut ini saya akan paparkan solusinya dibawah ini.

1. Reboot/Restart Handphone

Cara yang cukup sederhana untuk memperbaiki touchscreen yang sering bergerak sendiri dengan cara merestart-nya, mengapa demikian? Karena pada saat handphone direstart maka program yang tadinya berjalan pun akan dimatikan, sehingga pada saat handphone menyala kembali tidak ada aplikasi yang berjalan. Bisa saja layar handphone bergerak sendiri karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada latar belakang, sehingga membuat ponsel kehabisan RAM dan membuat layar menjadi error.

2. Kalibrasi Handphone Android

Banyak orang menyarankan bahwa handphone android yang layar sentuhnya error bisa diatasi dengan melakukan kalibrasi. Untuk melakukan kalibrasi pun cukup mudah, tetapi setiap handphone memiliki cara yang berbeda-beda. dan saya belum sempat bikin toturial cara kalibrasi layar di android, alternativ-nya cari google saja tutorialnya.

3. Charging Handphone Dalam Keadaan Mati

Jangan gunakan handphone android kamu dalam keadaan menyala/digunakan dalam keadaan di cas. Karena selain berbahaya, banyak sekali kerugian yang akan kamu dapatkan dari mengecas handphone sambil digunakan. Jadi saran saya cas handphone dalam keadaan mati/tidak digunakan.

4. Pakai Charger/Cas Aslinya

Sesungguhnya ini juga tidak bisa dikatakan chargernya yang rusak. biasanya, touchscreen bergerak sendiri karena output charger tidak cocok dengan Android, jadi ketika digunakan touchscreen sering loncat saat disentuh.

Biar layar Android kamu tidak meleset, terlebih ketika digunakan sambil dicharge, usahakan gunakan charger original atau paling tidak gunakan charger yang outputnya sama. Jika telah melakukan langkah ini, dijamin touchscreen Android kamu tidak akan bergerak sendiri.

5. Screen Guard Kotor

Penggunaan screen guard pada layar Android memang bisa dikatakan penting karena bisa melindungi layar agar lebih kuat. Namun, perlu diperhatikan juga kebersihan pada screen guard tersebut. Karena jika kotor, malah bisa menyebabkan masalah pada touchscreen.

Terkadang, debu dan kotoran sering menempel pada screen guard sehingga menyebabkan fungsi touchscreen tidak berjalan dengan baik. Seringnya layar Android bergerak sendiri bisa saja disebabkan oleh screen guard yang kotor. Jadi, rajin-rajinlah untuk membersihkan pelindung layar.

6. Jangan Gunakan HP Sampai Suhunya Terlalu Panas

Mungkin ini salah faktor penyebabnya, Ketika memainkan game online, apalagi game online yang berukuran besar akan membuat handphone menjadi panas dan bahkan sampai mati sendiri. Maka dari itu, jangan gunakan handphone kamu sampai suhunya sangat panas.

7. Lakukan Factory Reset

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset/reset ulang handphone dalam keadaan awal saat kita membeli handphone. Peluang berhasil menggunakan cara ini sekitar 65% ke atas jika tidak ada kerusakan pada LCD dan touchscreen.

8. Ganti ROM/Flash Ulang

Jika setelah melakukan factory reset, handphone android kamu masih tetap saja error, kamu bisa memperbaiki touchscreen android dengan melakukan flash ulang/mengganti ROM pada handphone tersebut. Jika tidak ada kerusakan touchscreen, peluang keberhasilannya sekitar 90% ke atas.

Demikian artikel dari saya semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips: Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel