Mengenal Berbagai Keunggulan Android 9 Pie

Bagi kamu penyuka operasi sistem android, mungkin kamu sudah saatnya untuk meninggalkan operasi sistem android versi lama, dan beralih ke versi yang lebih baru, pasalnya Google pada 6 agustus 2018 yang lalu telah merilis operasi sistem android versi terbaru, yaitu android 9 (pie) yang digadang-gadang operasi sistem ini lebih baik dari operasi sistem pendahulunya.


Sumber : androidcentral.com

Operasi sistem android 9 (Pie) juga disinyalir lebih banyak memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dapat memberikan kekuatan tangguh dan baik pada handphone kamu.

Sudah penasaran kah untuk melihat berbagai ke unggulan yang dimiliki android 9 (Pie) ini? Berikut ulasannya.

Didesain untuk menyesuaikan kamu


Sumber : blog.dnetprovider.id

Sistem operasi android Pie sudah terintegrasikan teknologi kecerdasaan buatan (AI) maka handphone kamu memiliki kemampuan untuk mempelajari prilaku kamu dan menyelaraskan berbagai fitur dengan arketipe prilaku dalam seharian kamu.

  • Otomatisasi Tampilan

    Android pie memungkinkan untuk mempelajari pengaturan cahaya yang kamu terapkan dalam bermacam ragam suasana. Setelah informasi yang dimiliki sudah cukup. Maka android pie akan dengan sendirinya mengatur keterangan cahaya handphone, sesuai dengan suasana yang kamu berada, tanpa perlu mengaturnya secara manual.
  • Pengaturan Notifikasi

    Operasi sistem android pie ini mampu mendeteksi prilaku kamu terhadap notifikasi dari aplikasi yang ada pada handphone. contoh apabila kamu selalu menghilangkan notifikasi dari sebuah aplikasi dengan terus menurus tanpa melihat notifikasi tersebut, maka android pie akan memberikan sugesti untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi tersebut dengan sendirinya sehingga kamu tidak perlu repot dengan notifikasi yang mengganggu.
  • App Action

    Dengan adanya fitur app action, android pie akan mempelajari tindakan rutin kamu disetiap harinya. contohnya, waktu misal kamu akan berangkat kantor, android pie akan memberikan sugesti untuk membuka aplikasi maps untuk menjukkan arah ke kantor, atau mungkin kamu sering menelepon atasan pada waktu-waktu tertentu setiap harinya, maka waktu yang sering melakukan aktivitas panggilan yang telah dicatat oleh sistem, kamu akan diberikan sugesti untuk membuat panggilan.
  • App Slices

    Fitur ini tidak jauh berbeda dengan app action, dimana android pie akan mempelajari aktivitas rutin kamu pada handphone. Bedanya, app slices lebih berfokus pada masing-masing aplikasi. contohnya ketika kamu mengetik aplikasi lyfit (sejenis uber) pada search bar maka tidak hanya program aplikasi yang muncul namun juga sugesti yang di lihat dari rutinitas kamu seperti misalnya tarif menuju kantor / rumah /lokasi lain yang sering dikunjungi. tetapi sayang, fitur tersebut masih belum tersedia di versi ini dan lagi akan dikembangkan di versi android pie berikutnya.

Meningkatkan Aksesibilitas


Sumber : expertreviews.co.uk

Untuk supaya semakin mempermudah, berbagai fitur yang dulunya terkesan rumit/sulit sekarang menjadi lebih mudah dan cepat :

  • Pengaturan volume

    Pada operasi sistem versi sebelumnya, ketika kamu ingin mengatur volume musik atau game pada handphone dengan cara menekan tomol volume, bisa saja handphone malah mengatur hal lain seperti volume notifikasi, sistem, atau nada dering. Nah jika pada android pie, pengaturan default volume adalah media, sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir mengatur volume yang salah.
  • Fitur Screenshot

    Jika operasi sistem versi sebelumnya pemakai mengharuskan menekan tombol home dan power secara bersamaan untuk memotret gambar layar, maka dengan menggunakan android pie, pemakai hanya perlu menekan dan menahan tombol home dan kemudian akan muncul shortcut untuk screenshot, selain itu pemakai operasi sistem android pie ini bisa langsung mengedit gambar layar yang tadi telah di potret, tanpa harus buka galeri (folder gambar).
  • Kemudahan Navigasi

    jikalau sebelumnya kamu perlu menekan tombol untuk beralih dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. jika di android pie, kita pemakai hanya perlu menggunakan gesture yang mana kemudian akan menampilkan laman pratinjau penuh. dengan ini bisa memudahkan navigasi dari satu aplikasi beralih ke aplikasi lain, semisal pemakai masih bisa membaca laman browser dan kemudian mengetiknya pada aplikasi semisal email, tanpa harus berpindah aplikasi.

Pengaturan Do Not Disturb


Sumber : mobilesyrup.com

Pada fundamennya fitur ini akan mematikan seluruh notifikasi selagi kamu ingin beristirahat dari dunia sosial media atau kamu ingin fokus dengan apa yang sedang dikerjakan. di android pie, kamu dapat mengatur skedul untuk mengaktifkan fitur Do Not Disturb di setiap harinya, semisal ketika jam berkerja atau dapat di atur secara otomatis saat kamu menghadapkan layar ponsel kebawah. akan tetapi kamu tetap bisa menyeleksi kontak mana saja yang ingin tetap akan muncul notifikasinya untuk keadaan darurat.

Meningkatkan Daya Baterai


Sumber : blog.dnetprovider.id

Operasi sistem android pie memungkinkan dapat mengatur kapasitas baterai, yang mana dapat digunakan oleh setiap aplikasi. Pengalokasi kapasitas baterai ini disesuaikan dengan frekuensi pemakaian sebuah aplikasi oleh pengguna. artinya, aplikasi yang sering di jalankan akan mendapatkan kapasitas baterai yang jauh lebih besar dibandingkan dengan aplikasi lainnya. dan telah terbukti dengan adanya fitur ini, daya baterai dapat dihemat hingga kisaran 30% dari biasanya.

User Interface/Antarmuka dibuat lebih bercorak


Sumber : 9to5google.com

Seperti yang dikutip dari laman Androidcentral.com 21/02/2019, android pie tidak terlalu melakukan modifikasi yang begitu signifikan di sisi visual (jika dibandingkan dengan loncatan antara versi kitkat ke lolipop dalam segi visualnya), namun jika dibandingkan dengan operasi sistem android 8.0 (Oreo), Pie menunjukan sejumlah bagian elemen yang berbeda.

Yang paling nampak menonjol di operasi sistem android pie ini adalah ikon pada bagian pengaturan yang sekarang dibuat lebih bercorak. selain hal itu, setiap menu juga didesain supaya menampilkan model dengan pinggiran yang melengkung, tidak hanya itu sejumplah animasi dan gerakan mengalami pembaharuan, sehingga android pie menjadi lebih halus dan menarik dari biasanya.

Dukungan terhadap 'Notch' pada smartphone terbaru


Sumber : androidauthority.net

Smartphone model terbaru mengusung notch atau poni, keberadaan notch seakan menjadi hal wajib, tapi sayangnya, keberadaan notch, sering kali menimbulkan berbagai masalah yang cukup merugikan pemakai, salah satunya adalah layar akan terpotong ketika bermain game ataupun saat menonton film.

Di operasi sistem android pie memungkinkan memberi dukungan langsung terhadap smartphone bernotch melalui fitur cut-out. nantinya pada setiap aplikasi yang berjalan pada android pie akan mendapatkan render ulang, dimana hal itu bermanfaat untuk memastikan bahwa aplikasi yang dijalankan tidak akan terpotong oleh notch di bagian atas.

Peningkatan keamanan dan privasi

Berbeda pada seri sebelumnya, di operasi sistem android pie ini dibekali dengan sistem keamanan yang bertambah ketat dari biasanya. terlebih di bagian sisi enkripsi, setiap aktivitas yang membutuhkan enkripsi atau dekripsi data, saat ini hanya bisa dilakukan melalui smartphone pemakai (melalui pola, PIN atau password).

Selain itu, jika setiap terhubung ke jaringan internet, operasi sistem android pie ini akan membuat alamat MAC secara acak untuk setiap jaringan yang diakses. tidak hanya soal keamanan saja, sistem privasi pun sangat diperhatikan oleh Google. kini operasi sistem android pie akan membatasi akses terhadap mikrofon, kamera dan sensor, saat suatu aplikasi tidak digunakan atau hanya berjalan di latar belakang.

Digital Well Being


Sumber : digitaltrends.com

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur durasi pemakaian sebuah aplikasi untuk pemakaian handphone yang tentu lebih sehat. hal ini dapat kamu terapkan untuk anak kamu atau bisa juga untuk kamu sendiri. misalkan kamu membatasi pemakaian instagram pada 3 jam sehari, maka ketika batas waktu sudah hampir habis, akan muncul notifikasi pengingat untuk handphone kamu. setelah batas waktu habis, maka logo aplikasi akan berubah warna menjadi abu-abu dan aplikasi tersebut tidak dapat dibuka kembali hingga esok harinya.

0 Response to "Mengenal Berbagai Keunggulan Android 9 Pie"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel