Cara Praktis Mengatasi Bluetooth Error Di Smartphone Android

Cara Mengatasi Bluetooth Error Di Android – Bluetooth adalah salah satu inovasi besar di dalam dunia teknologi. Terutama dalam mengenai masalah file sharing (berbagi file) dengan menggunakan bluetooth mengirim file menjadi lebih mudah, praktis dan cepat.

Bluetooth juga ada pada smartphone, ini berguna untuk mengirim file semacam dokumen, video, musik, dan masih banyak lagi. Sampai sekarang Bluetooth masih digunakan untuk berbagai file ke pengguna lain namun harus jarak dekat.

Cara Mengatasi
Bluetooth Error
Sumber : www.codepolitan.com

Dalam pengoperasiannya Bluetooth tidak memperlukan kabel sama sekali. Karena data dikirim melalui gelombang radio UHF. Dan selain untuk mengirim berbagai file, saat ini Bluetooth digunakan untuk menghubungkan diberbagai perangkat elektronik.

Misalnya perangkat komputer, smartphone, tablet dihubungkan dengan berbagai perangkat seperti gamepad, mouse, keyboard, speaker, dan sebagainya.

Lalu bagaimana jika Bluetooth pada smartphone android kamu bermasalah? Nah berikut ini saya akan jelaskan mengenai cara mengatasi Bluetooth yang error di android.

Cara Termudah Mengatasi Bluetooth Error Di Smartphone Android

1. Bersihkan Cache

Terlalu banyak Cache yang tersimpan memang kerap kali menjadi masalah, bisa mengakibatkan aplikasi lelet bahkan error. Ini juga berlaku pada Bluetooth yang bisa membuat error. Untuk mengatasinya cukup mudah, kamu tinggal membersihkan Cache yang tersimpan pada ponsel menggunakan aplikasi pihak ke tiga seperti Clean Master dan sejenisnya.

2. Menghapus Data Aplikasi

Cara kedua adalah dengan menghapus data aplikasi. Cara ini sesungguhnya tergolong ampuh untuk mengatasi masalah Bluetooth yang mengalami error. Tujuan menghapus data pada aplikasi untuk membersihkan file serta data aplikasi yang bersifat sementara, misalnya cache, history dan basis data.

Untuk menghapus data aplikasi, kamu perlu masuk pada "Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Cari aplikasi Bluetooth", setelah itu klik Paksa Berhenti lalu klik Hapus Data.

3. Restart Smartphone Android

Apabila cara kedua di atas belum menemui titik terang maka berikutnya kamu perlu lakukan me-start smartphone kamu. Setelah ponsel benar - benar mati kamu perlu mencopot kartu memori (Sd Card), Sim Card, serta baterai (jika bukan baterai tanam) setelah itu diamkan beberapa saat lalu pasang kembali dan aktifkan smartphone kamu.

4. Unroot Smartphone Android (Jika Sudah Di Root)

Jika seandainya kamu pernah melakukan rooting sebelumnya dan semenjak saat itu Bluetooth smartphone kamu tidak berfungsi dengan baik, maka silahkan kamu Unroot smartphone Android kamu.

Dengan me-rooting smartphone android memang bisa mengontrol semua aplikasi pada android. Tetapi terkadang melakukan root justru akan membuat beberapa fitur menjadi error atau tidak berjalan dengan semestinya.

5. Lakukan Factory Reset

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara diatas namun tidak kunjung mendapatkan hasil, maka kamu jangan berputus asa dahulu. karena ada cara terakhir yang bisa memperbaiki Bluetooth yang error. Yaitu dengan melakukan Factory Reset.

Namun, kamu perlu tahu dengan melakukan Factory Reset semua data serta aplikasi pada smartphone kamu akan hilang. Oleh sebab itu sebaiknya kamu backup data terlebih dahulu ke laptop atau komputer.

Setelah melakukan backup data, lakukan Factory Reset dengan cara masuk ke "Pengaturan > Pengaturan tambahan > Buat cadangan dan reset, kemudian tap Kembalikan ke pengaturan pabrik"

Dengan melakukan Factory Reset, maka smartphone kamu akan fresh kambali seperti baru lagi. oleh karena itu fitur - fitur yang tidak berfungsi dalam hal ini bluetooth, bisa pulih kembali.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk mengatasi aplikasi bluetooth mengalami error/tidak bisa mengirim file. dengan melakukan hal - hal di atas kamu bisa mengatasinya...

0 Response to "Cara Praktis Mengatasi Bluetooth Error Di Smartphone Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel