Inilah Cara Ampuh Merawat Laptop dengan Baik dan Benar

Pengguna perangkat laptop sudah menjamur dimana - mana, bukan hanya kalangan dewasa saja yang memakai laptop, tetapi juga di kalangan remaja. dan kini laptop sudah dibekali berbagai varian spesifikasi untuk menunjang kebutuhan kita, mulai dari spesifikasi rendah sampai ke sepesifikasi tinggi.

Sebagian pengguna banyak yang menggunakan laptop berspesifikasi tinggi untuk menunjang kebutuhan sehari - harinya entah untuk menjalankan sebuah tugas sekolah atau mungkin untuk berkerja, namun sebagian pengguna sering kali mengabaikan perawatan laptop, akibatnya tentu laptop akan cepat rusak, pasalnya laptop tidak seperti PC yang cenderung kuat dan tahan lama.

Membersihkan Laptop

Apalagi jika laptop kita sering digunakan untuk bermain game sampai berjam - jam bahkan lebih, ini mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat laptop kita cepat rusak. maka dari permasalahan ini, saya akan bagikan tips untuk merawat laptop supaya tidak mudah rusak. berikut caranya dibawah ini :

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop Untuk Bermain Game Berat

Kita sering kali tergoda untuk bermain game yang memiliki grafik tinggi, karena game - game ini bisa kita dapatkan dengan mudah. tetapi taukah kamu, jika sering bermain game berat/grafik-tinggi hingga waktu yang cukup lama, bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen - komponen laptop kita.

Karena saat kita bermain game berat/grafik-tinggi, sistem laptop kita akan berkerja lebih untuk mengolah game tersebut, pada akhirnya laptop akan mengalami overheat. selain itu, bisa mengakibatkan kebocoran pada beterai laptop kita.

2. Hindari Benturan Keras Pada Laptop

Laptop bisa dibilang perangkat yang tergolong rapuh atau mudah rusak. dikarenakan laptop memiliki komponen - komponen yang banyak. kamu perlu berhati hati saat meletakan atau membawa laptop, jangan sampai terjatuh atau tidak sengaja terkena benturan, meskipun berapa komponen bisa diganti. tentu akan mengeluarkan uang untuk membeli komponen yang rusak, maka dari itu kamu perlu mengantisipasi supaya tidak terjadi hal - hal tersebut.

Hal yang akan terjadi, jika laptop terjatuh atau terbentur, bisa mengenai harddisknya, maka secara otomatis, kamu akan kehilangan data - data yang kamu simpan. selain itu kerusakan serius yang mungkin bisa diakibatkan laptop terjatuh atau terbentur, yaitu pada monitor/layarnya.

3. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Kebiasaan buruk kita sering kali meletakan barang di atas laptop, dan mungkin saja barang tersebut berat, banyak pengguna laptop sudah mengetahui tentang masalah ini, namun sering mengabaikannya, padahal masalah ini bisa menyebabkan kerusakan pada monitor/layar laptop atau komponen - komponen lainnya yang ada dibagian dalam.

4. Hindari Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Ini perlu kamu hindari mengunakan laptop di atas kasur, kebiasaan buruk ini yang sering dilakukan oleh sebagian pengguna laptop. tidak terbantahkan, memang menggunakan laptop diatas kasur merupakan hal yang nyaman dan menyenangkan.

Tetapi tanpa disadari, dibelakang kenyamanan tersebut, membuat perangkat laptop kamu terancam. karena menggunakan laptop di atas kasur bisa mengakibatkan laptop menjadi panas, karena kasur akan menyumbat panas laptop, sehingga panas tersebut tidak bisa keluar dengan baik, dan bisa mengakibatkan laptop overheat.

5. Jauhkan Minuman dari Laptop Kamu.

Sudah menjadi hal biasa saat menggunakan laptop kita sering kali didapingi minuman entah kopi ataupun jus, tetapi jika minuman tersebut tumpah dan mengenai laptop itu bisa berakibat laptop kita rusak, karena hardware yang didalam mungkin saja terkena air minuman tersebut.

Karena air merupakan media perusak utama rangkaian elektronik, alangkah bagusnya untuk menjauhkan minuman dari laptop kamu. saya rekomendasikan kamu juga perlu tambahan keyboard protector untuk dipakai di laptop kamu, supaya dapat mencegah cairan masuk ke dalam sela - sela keyboard.

6. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Membersihkan laptop secara rutin, cara berikut ini bisa menjadi hal penting. pasalnya jika tidak dibersihkan bisa menyebabkan kekacauan dalam pengoperasian laptop. kamu bisa mulai membersihkan dari monitor/layar menggunakan tisu atau lap yang lembut, kemudian kamu juga perlu membersihkan dibagian sela - sela keyboard hingga debu - debu yang menempel menghilang.

Kemudian kamu juga perlu membersihkan komponen - komponen laptop seperti fan/kipas, pembersihan komponen pada laptop menjadi hal penting, karena disanalah banyak debu debu yang menempel, dengan membersihkan nya secara rutin, maka kerusakan seperti tidak berjalannya fan/kipas tidak akan terjadi. tetapi untuk membongkar laptop kamu perlu bantuan seseorang yang ahli untuk membersihkan komponen - komponen laptop, karena dikawatirkan jika membongkar dan membersihkan sendiri malah tidak bisa menyala laptopnya.

7. Jauhkan Makanan dari Laptop

Kita seringkali saat lagi menggunakan laptop sambil memakan sesuatu, entah itu makanan berat atau ringan, tetapi taukah kamu bahwa saat menggunakan laptop sambil makan, dikawatir remah - remah makanan akan terjatuh di laptop dan menyelip di sela - sela keyboard, akibatnya kamu akan mendapati laptop kamu seperti error, misalnya kamu tekan A, dan yang kebuka malah B, karena remah - remah makanan tersebut menggagu pengoperasian keyboard, sisa makanan tersebut juga bisa mengundang semut untuk datang, maka dari itu perlu menjauhkan makanan dari laptop.

8. Perhatikan Suhu Laptop kamu

Kita saat terlalu sibuk untuk mengoperasikan laptop, sering kali kita lupa untuk memperhatikan suhu pada laptop. padahal memperhatikan suhu laptop itu suatu hal yang sangat penting, supaya laptop terhindar dari masalah seperti overheat. permasalahan panas pada laptop ini sebenarnya bisa diminimalisir dengan penggunaan fan/kipas laptop, namun tidak ada salahnya bukan untuk berhenti mengoperasikan laptop saat suhu laptop sedang panas? selain itu, pastikan juga alas laptop yang kamu gunakan tidak menghambat sirkulasi laptop.

9. Bersihkan Optional Drive Laptop Secara Rutin

Beperapa pengguna yang memiliki spesifikasi optional drive pada perangkat laptopnya, seringkali tidak diperhatikan kebersihan di optional drivenya. padahal Optical drive atau DVD ROM sangat rentan terkena dan menjadi tempat debu. jika hal tersebut terjadi, tentunya proses pembacaan data dari CD atau DVD akan terganggu. oleh sebab itu, kamu perlu membersihkan optional drive secara menyeluruh dan rutin. selain itu, kamu perlu berhati - hati saat memasukan CD atau DVD pada optical drive. Hal ini karena lensa optik pada optical drive begitu rentan.

10. Jangan Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan

Pengguna laptop, sering kali menutup LCD laptop setelah digunakan, padahal ini bisa berakibat buruk pada laptop, karena setelah digunakan biasanya laptop masih terasa hangat/panas, jika langsung ditutup maka udara panas dari keyboard akan langsung mengenai LCD laptop, ini akan berakibat fatal buat LCD tersebut. solusinya kamu menutup LCD laptop saat sudah dingin.

11. Jauhkan dari Sinar Matahari

Menghindari perangkat laptop dari sinar matahari sangat penting, sebenarnya tidak hanya laptop saja, semua perangkat elektronik sebenarnya tidak disarankan dipakai dibawah sinar matahari langsung. sudah jelas alasannya, untuk tidak merusak perangkat elektronik, karena perangkat elektronik sudah mengandung elektron, arus listrik dan itu sudah bisa menaikan suhu.

Nah, coba bayangkan kalau dari perangkatnya sendiri saja udah mengandung panas, bagaimana kalau ditambah panas dari luar? apalagi sinar matahari? pasti panas sekali.

12. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet

Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar akan kemungkinan serangan virus di laptop kamu. saya merekomendasikan untuk menginstall antivirus pada laptop kamu dan lebih berhati - hati ketika mengunduh apapun dari internet supaya tidak ada kejadian yang tidak di inginkan pada laptop kamu.

13. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Pengguna laptop kebanyakan sering menggunakan laptopnya terus menerus hingga beberapa jam bahkan lebih, perlu kamu tahu laptop berbeda dengan komputer yang dapat berkerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. jadi gunakan laptop sewajarnya saja jika tidak digunakan matikan saja laptop kamu, jangan dipaksakan karena bisa menyebabkan laptop kamu overheat.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini saya harapkan kamu lebih berhati - hati dalam menggunakan laptop, jika tidak ingin hal buruk terjadi pada laptop kamu. rawatlah laptop kamu dengan baik, jangan memaksa laptop kamu untuk terus menyala supaya tidak overheat.

Demikian artikel dari saya mengenai "Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar" semoga bermanfaat bagi kamu, sampai jumpa.

0 Response to "Inilah Cara Ampuh Merawat Laptop dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel