Cara Merubah MicroSD Jadi Memori Internal

Memang di handphone masa sekarang memiliki memori internal berkapasitas besar, terutama di smartphone android. Banyak para vendor menyajikan spesifikasi handphone yang unggul tentu dengan harga yang di tawarkan tidaklah murah. Bagi orang yang memiliki budget minim mungkin akan memilih handphone kelas Mid-Range, yang memiliki spesifikasi tidak tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

Cara Membuat MicroSD Jadi Memori Internal

Bagi kamu yang memiliki handphone kelas Mid-Range dan ingin menginstall banyak aplikasi/game namun tidak bisa karena terkendala memori internalnya yang penuh. Nah saya memiliki solusinya tentunya kamu harus cek terlebih dahulu versi androidnya, jika versinya : android 6.0 (Marsmellow) ke atas. maka kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di operating system android 6.0 (Marsmellow), di versi android yang lebih tinggi juga bisa menikmati fitur ini. Nama fiturnya adalah Adoptable Storage.

Adoptable storage sendiri dalam strukturnya adalah mengubah memori eksternal menjadi memori internal, jadi memori internal di handphone kita akan bertambah, tetapi kamu perlu cek spesifikasi memori eksternal (Micro SD) kamu, berapa classnya? karena untuk menjadikan memori eksternal ke memori internal saya sarankan class 10, jika dibawah itu mungkin akan lemot handphone kamu.

Cara Membuat Memori Eksternal Menjadi Memori Internal

Sebelum kita ketahap intinya, kamu perlu cek terlebih dahulu kartu memorinya apakah classnya sudah mempuni, jika belum mempuni maka handphone kamu akan terasa lemot saat sudah terintegrasi. Dan yang tidak kalah pentingnya kamu perlu membackup data yang ada didalam kartu memori, jika tidak, maka akan terformat otomatis saat proses pengubahan memori eksternal ke memori internal.

  1. Yang pertama, masukkan kartu memori/micro sd kedalam handphone android kamu.
  2. Setelah kartu memori terdeteksi, silahkan pergi ke menu setting.
  3. Gulir ke bawah lalu klik menu storage.
  4. Setelah itu, pilih pada bagian memori eksternal kamu, lalu klik menu storage setting dibagian pojok kanan atas.

  5. Copyright ©jalantikus

  6. Berikutnya silahkan kamu pilih "Format as Internal."

  7. Copyright ©jalantikus

  8. Setelah itu, akan muncul notifikasi dan klik bagian "Erase & Format", lalu klik OK.

  9. Copyright ©jalantikus

  10. Selesai.

Catatan : Jika kartu memori eksternal memiliki kualitas kecepatan yang cukup rendah, maka sistem akan memberikan notifikasi, jika proses transfer atau penyimpanan data ke memori internal kemungkinan akan sedikit lambat.

Sekarang memori internal dihandphone kamu bertambah, dan kamu akan lebih leluasa lagi dalam menginstall aplikasi/game ataupun data lainnya.

Akhir Kata

Nah itu dia ulasan tentang Cara Membuat MicroSD Jadi Memori Internal semoga bermanfaat, bagikamu. Perlu di ingat jika kartu memori eksternal sudah di ubah ke memori internal, saya sarankan jangan sembarangan untuk melepas kartu memori jika tak ingin media penyimpanan kamu rusak.

Referensi : jalantikus, oketekno

0 Response to "Cara Merubah MicroSD Jadi Memori Internal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel