5 Cara Ampuh Menghemat RAM di Android

Smartphone masa kini sudah di bekali RAM yang cukup besar ada yang 2 GB, 3 GB, 4 GB, 6 GB, bahkan ada yang 8 GB, namun harga yang di tawarkan cukup lumanyan me nguras kantong bagi saya mau pun kamu mungkin hehe.

Cara Menghemat RAM Android

RAM smartphone masa kini minimal pun harus punya 2 GB supaya bisa me akomodir aplikasi-aplikasi masa kini yang banyak fitur terbaru yang begitu menguras kapasitas RAM

tapi bukan jaminan juga loh, RAM besar bisa membuat smartphone kamu tetap kenceng, kalo kamu tidak bisa me manager smartphone kamu dengan baik, maka akan lelet juga smartphone kamu itu.

Nah, maka dari itu saya mau menulis artikel tips Menghemat RAM di android agar dapat berseluncur dengan leluasa tanpa lemot, ok simak ulasannya di bawah

1. Periksa Aplikasi yang Berjalan di Background

Pertama-tama yang harus kamu lakukan untuk menghemat ram adalah priksa aplikasi yang berjalan di latar belakang, mengapa demikian? karena dengan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang ram smartphone kamu pun akan cepet penuh.

maka matikanlah aplikasi yang berjalan di backgroud yang menurut kamu tidak terpakai, cara mematikannya pun cukup mudah, kamu hanya tinggal masuk ke Settings > Battery & Storage > Memory

Setelah itu, kamu akan menemukan aplikasi yang masih berjalan, maka matikan lah dengan memilih opsi Stop, dengan begitu, kamu sudah bisa menghemat RAM dengan baik.

2. Pasang Aplikasi yang Sesuai dengan Kebutuhan kamu

Cara yang ke dua adalah install aplikasi yang penting-penting saja, karena jika banyak aplikasi yang ter install, itu bisa membuat ram atau kapasitas internal smartphone kamu cepat penuh, sebaiknya kamu hanya menginstall aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan saja.

Namun, jika kamu sudah terlanjur banyak menginstall aplikasi yang kurang penting, kamu bisa meng uninstall aplikasi yang kurang penting tersebut.

Untuk menjaga agar kinerja android tetap optimal, sebaiknya kamu tetap menyisakan ruang kosong pada RAM Android Anda paling tidak 30/40% dari total kapasitas RAM Android milik kamu.

3. Matikan Animasi dan Transisi yang Aktif

di smartphone android sekarang sudah memiliki fitur animasi dan transisi yang menarik yang tersedia secara bawaan, bisa membuat tampilan antarmuka android lebih menarik

Namun, hal ini juga membawa dampak buruk terhadap pemborosan RAM sobat. Maka dari itu, matikan animasi dan transisi yang masih aktif.

Caranya pun cukup mudah, sobat masuk ke Settings > Developer. jika belum ada menu Developer sobat tinggal pergi ke Settings > About Phone lalu klik Build Number lebih dari 7 kali hingga menu Developer option muncul

Setelah itu ada tiga pilihan di menu developers yaitu Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Matikan semuanya.

Dengan begini Sobat sudah melalui cara terbaik menghemat RAM untuk smartphone Android kesayangan.

4. Gunakan Aplikasi RAM Cleaner

Cara ke empat adalah menggunakan Aplikasi RAM Cleaner, kamu bisa menggunakan aplikasi RAM Cleaner sebagai salah satu cara menghemat RAM smartphone Android milik kamu.

kamu bisa mendapatkan aplikasi RAM Cleaner ini di Play Store., misalnya DU Speed Booster, Clean Master, Task Manager Pro dan masih banyak aplikasi serupa lainnya

cara kerja aplikasi-aplikasi tersebut hampir sama, yakni dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di background, dan menghapus file Cache pada aplikasi-aplikasi yang terinstall di smartphone kamu sobat.

5. Batasi Penggunaan Live Wallpaper dan Widget

Sudah hal yang wajar kamu menginginkan tampilan smartphone android kamu menjadi menarik dengan adanya live Wallpaper dan Widget

namun taukah kamu sobat, mengunakan Widget maupun Live Wallpaper akan menguras kapasitas memori RAM Smartphone kamu, jadi pasang widget mau pun live wallpaper yang penting-penting saja.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara terbaik menghemat RAM untuk smartphone Android yang saya bisa berikan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu menyelesaikan masalah dan keluhan seputar RAM pada Smartphone kamu.

0 Response to "5 Cara Ampuh Menghemat RAM di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel