Cara Menggunakan USB OTG di Perangkat Android

Cara Menggunakan USB OTG di Perangkat Android

USB On-The-Go atau yang biasa disingkat dengan USB OTG adalah sebuah fitur di smartphone untuk koneksi USB yang memungkinkan suatu perangkat untuk membaca data dari koneksi USB tanpa memerlukan PC

Cara Menggunakan USB OTG di Perangkat Android

Smartphone Android keluaran terbaru saat ini biasanya sudah mendukung fitur USB OTG.

Fungsi USB OTG (On-The-Go)

Dengan menggunakan USB OTG (On-The-Go), kamu bisa mentransfer data secara langsung dari flash disk (flash drive) ke Android kamu dengan sangat mudah.

Selain itu, kamu juga bisa memainkan game di Android dengan menggunakan joystick gamepad, dan bisa mengendalikan Android dengan Keyboard dan Mouse dan masih banyak lagi.

Agar sebuah perangkat smartphone android kamu bisa menikmati fitur tersebut, tentunya dibutuhkan sebuah kabel data USB OTG (On The Go) yang bisa kamu beli di toko penjual aksesoris komputer.

Berapa Harga USB OTG Adapter? dan Seperti Apa Bentuknya?

Kabel USB OTG sudah banyak di toko-toko Offline, mau pun di toko online, salah satu jenis USB OTG seperti berikut ini, lihat di SS

ada pun selain seperti contoh diatas, Saat ini desain dari konektor USB OTG juga terus berkembang

Bahkan untuk saat ini yang populer adalah USB OTG yang sudah include dengan alat peyimpanan, sebut saja flash disk (flash drive).

Harganya pun tentu lebih mahal dari USB OTG biasa, karena memang tanpa kabel sehingga lebih simple dan "gak ribet". Seperti ini contohnya:

Fitur-Fitur USB OTG

Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan pada smartphone atau tablet Android kamu yang sudah mendukung USB OTG:

Main Game Android Pakai Joystick Game Controller

Kamu juga bisa menggunakan joystick untuk memainkan game di Android.

Terkadang ada beberapa game yang lebih seru dimainkan dengan menggunakan joystick.

Selain itu, controller milik Xbox 360 juga bekerja dengan baik pada Android dengan USB OTG.

Mengendalikan Android dengan Keyboard dan Mouse

Fitur berikutnya adalah mengendalikan android dengan Keyboard & Mouse kamu Cukup tancapkan ke port USB OTG, kamu sudah bisa mengetik di Android dengan keyboard dan mouse.

Menghubungkan Flash Disk dan Hard Disk Eksternal Langsung ke Android

Dengan cara ini, kamu bisa mentransfer data secara langsung dari flash disk ke Android kamu tanpa memerlukan PC Tentunya bisa lebih menghemat waktu dan tempat.

Cek Apakah Device Kamu Support USB OTG (On-The-Go)?

Caranya pun cukup mudah untuk mengetahui apakah perangkat smartphone android kamu sudah mendukung USB OTG

dengan melakukan pengecekan box smartphone atau tablet kamu, atau juga bisa dengan melihat langsung pada website pabrikannya, kamu juga bisa mengechek apakah smartphone android kamu support USB OTG di GSMARENA

cara mengechek yang paling ampuh adalah dengan menggunakan aplikasi USB OTG Checker yang tersedia gratis di Google Play Store, aplikasi tersebut bisa memberitahu apakah perangkat kamu mendukung USB OTG atau tidak.

Cara mengunakan Aplikasi USB OTG Checker pun cukup mudah, kamu tinggal buka aplikasinya, lalu pilih "Check Device OS on USB OTG"


Sumber: https://jalantikus.com

Klik "Check"


Sumber: https://jalantikus.com

Maka akan terlihat hasilnya, HP Android kamu mendukung USB OTG atau tidak.


Sumber: https://jalantikus.com

Demikian adalah pembahasan dari Admin mengenai Cara Menggunakan USB OTG di Perangkat Android, semoga dapat menjadi referensi untuk Anda yang bingung menggunakan fitur ini di Android anda, selamat mencoba dan terimakasih.

0 Response to "Cara Menggunakan USB OTG di Perangkat Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel