Cara Ampuh Mengganti Font di Android Terbaru

Smartphone android sekarang sudah di lengkapi banyak sekali fitur canggih salah satunya.. adalah mengganti font, tetapi tidak semua smartphone android memiliki fitur tersebut, di pengaturannya.

eh kamu jangan kawatir dulu, jika android kamu belum ada fitur tersebut, saya punya berapa solusinya kox, cara agar android kamu support pasang font dengan mudah. simak ulasannya di bawah.

Mengubah Font di Android Tanpa ROOT

Tidak perlu kawatir jika smartphone android kamu belum di root, saya punya berapa tips tutorial pasang font di android tanpa root

cara pasangnya pun tidak terlalu rumit sobat, kamu hanya mengikuti berapa langkah-langkah dengan mudah dan tidak ribet.

1. Dengan Pengaturan Font Bawaan (Khusus Handphone Samsung)

Solusi yang pertama tetapi tidak ingin melakukan root pada handphone, karena takut terjadi apa-apa, saya sarankan dengan mengatur font di settingan tampilan di handphone sobat saja.

  • Masuk ke pengaturan pada handphone android kamu.
  • Scroll ke bawah sampai kamu menemukan menu Device, dan klik menu tersebut.
  • Pada menu "Device" kamu harus scroll ke bawah, sampai menemukan menu "fonts" lalu klik, setelah itu pilih font yang ingin kamu pakai di handphone samsung sobat, selesai

2. Menggunakan Setting/Pengaturan Tampilan

Cara yang ke dua tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama.

Kamu masuk ke "pengaturan/settings" handphone android kamu lalu setelah itu, klik "Tampilan/Display" lalu kamu harus scroll ke bawah sampai menemukan menu "Fonts" setelah itu klik menu tersebut, kemudian pilih lah fonts yg ingin di pakai di handphone kamu.

3. Menggunakan Aplikasi Launcher

Jika kamu tidak bisa pakai cara di atas karena tidak ada menu fonts di pengaturan/settings handphone android kamu, maka kamu perlu pakai cara yang satu ini.

Dengan menggunakan aplikasi Go Launcher EX. Apa itu Go Launcher EX?, pertanyaan ini pasti terbesit di pikiran sobat kan? Ok saya akan sedikit paparkan apa itu Go Launcher EX.

Go Launcher EX itu sendiri adalah sebuat aplikasi mempercantik tampilan handphone android kamu, banyak ke unggulan yang di miliki aplikasi ini di antaranya, ada lebih dari 25 efek animasi.

15 Widget gratis yang terpasang di aplikasi ini dan lebih dari 10.000 tema spesial desain untuk mempercantik handphone android kamu, dan masih banyak lagi, Oke kita kembali ke pembahasan.

  • Pertama tama yang kamu harus lakukan adalah download aplikasi GO LAUNCHER EX di Play Store
  • Kemudian kamu juga harus download GO LAUNCHER FONTS di Play Store
  • Lalu, setelah memasang GO Launcher EX dan GO Launcher Fonts, kamu pergi ke homescreen, lalu tekan area yang kosong di homescreen, kemudian akan ada banyak beragam opsi, lalu Kamu pilih Go Settings, terus klik opsi Font.
  • Tahap selanjutnya kamu klik Select Font dan Scan Font nah sekarang kamu bisa pilih font yang kamu suka untuk di terapkan di handphone android kamu.

Selamat kamu sudah berhasil memasang font di handphone android tanpa memperlukan akses root

4. Menggunakan Aplikasi HiFont

Nah jika kamu belum puas atau ingin mencoba pake cara lain mengganti font di handphone android tanpa punya akses root, ulasan ini mungkin perlu kamu coba sobat.

tapi kamu harus pastikan handphone android yang kamu pakai saat ini mereknya SAMSUNG & HTC selain dari merek tersebut harus memperlukan akses root atau pake aplikasi tambahan bagi (pengguna non root)

  • Yang pertama tama kamu harus lakukan ialah mendownload aplikasi HiFont
  • Lalu buka aplikasi HiFont nya, kemudian pilih lah font yang ingin kamu pakai
  • Setelah membuka font yang kamu inginkan, lalu klik download, setelah berhasil mengunduhnya klik Use
  • Nah jika handphone kamu bukan merek yang saya sebut di atas, atau handphone kamu belum di root, maka kamu akan di alihkan untuk mendownload aplikasi Swift Launcher - Custom Font lalu klik Install
  • Sesudah berhasil meinstall, kamu perlu kembali membuka aplikasi Hifont, kemudian cari font yang kamu download sebelumnya, lalu kamu pilih Use kemudian klik Change Swift Fonts, Selesai

Mengubah Font Pada Android ROOT Only

Cara berikutnya khusus pengguna root, banyak sekali manfaatnya yang dimiliki handphone yang sudah di root, termasuk saat mengganti font, nah jika di handphone yang belum di root biasanya saat pemasangan font terkadang terjadi error atau mungkin rumit memasangnya, saat sudah terpasang pun terkadang terjadi error dan kembali ke font default

Kalo handphone sudah diroot tidak terjadi error, kalau pun terjadi error paling jarang banget, cara pemasangannya pun mudah sekali tidak berbelit belit. Ok mari kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Font Installer

Aplikasi Font Installer bisa kamu unduh di play store secara gratis namun dalam versi gratis ada iklannya di bawah jika kamu ingin menghilangkan iklan tersebut kamu perlu beli lisensi.

Aplikasi Font Installer ini sendiri memiliki banyak fitur-fitur canggih dan mempunyai beragam font-font unik kamu juga bisa install font yang berada di kartu memori lewat aplikasi ini, Font Installer merupakan salah satu aplikasi yang tersedia dalam ROM Toolbox Pro, Ok kita ke intinya.

  • Caranya buka tab Server di aplikasi Font Installer untuk melihat katalog font.
  • Klik nama font yang kamu sukai.
  • Dari dialog popup, klik Preview jika kamu ingin melihat contoh teks yang diberikan pada font yang dipilih atau klik Install jika kamu ingin mendownload font dan mengaturnya sebagai font sistem handphone kamu.
  • Jika ada peringatan / pemberitahuan cadangan muncul, pastikan kamu membiarkan aplikasi membackup file font kamu.
  • Izinkan aplikasi melakukan boot ulang perangkat kamu. Selesai

Memasang koleksi file font TTF di kartu memori/internal

  • Pertama-tama sebaiknya kamu menaruh file font ttf jangan di dalam folder supaya mudah mencarinya
  • buka aplikasi Font Installer
  • sebelum mengganti font default di handphone, sebaiknya kamu backup font default kamu, dengan cara Klik pada tombol menu (tiga titik) dan pilih Backup / Restore, kemudian klik cadangan, jika ada permintaan Superuser atau SuperSu klik Izinkan/Allow.
  • Kemudian klik tab Local untuk membuka explorer direktori, cari File Font TTF kamu.
  • Klik File Font TTF yang ingin kamu pasang, dari dialog popup, klik Install untuk mengaturnya sebagai font sistem default. (Jika kamu ingin melihat pratinjau font terlebih dahulu, klik Preview.)
  • Jika ada permintaan Superuser atau SuperSU klik Izinkan/Allow.
  • Font Installer akan meminta kamu untuk me-reboot perangkat android kamu, Klik Ya. Selesai.

2. Mengunakan Font Changer

Cara yang ke dua juga pemasangannya tidak terlalu rumit, cuma kamu harus download dulu font di Google atau web penyedia Font tentunya harus berformat TTF

  • Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah download aplikasi Font Changer di Google atau download melalui link yang saya sediakan.
  • https://drive.google.com/file/d/0B-DQDRUG0yvsb3hwTHNtaG0wX28/view?usp=sharing
  • Kemudian install aplikasi Font Changernya dan buka.
  • jika ada permintaan / pemberitahuan dari Superuser atau SuperSu klik saja Izinkan/Allow.
  • Lalu siapkan file font ttf dan taruh ke dalam folder Font Changer di kartu memori / Internal.
  • kemudian kamu kembali membuka aplikasi Font Changer, lalu kamu harus memilih font yang ingin di pasang di handphone android kamu sobat, setelah itu klik Apply.
  • Selesai.

Itulah artikel tentang Cara Pasang Font Di Android Root/Non Root demikian artikel dari saya, terimakasih telah membaca artikel saya sepenuhnya dan jangan lupa tetap kunjungi selalu blog ini.. untuk melihat artikel-artikel yang menarik lainnya.

0 Response to "Cara Ampuh Mengganti Font di Android Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel