9 Cara Sederhana Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lebih Lama

9 Cara Sederhana Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lebih Lama – Memyblogz

Smartphone di era Millenials ini, sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tak mungkin untuk sejenak di tinggalkan karena dengan ada'nya smartphone hidup kita ini menjadi lebih mudah mulai untuk berkomunikasi dengan keluarga, atau dengan rekan kerja, bersosial media bahkan ada yang menjadikan smartphone sebagai alat untuk berkerja.
9 Cara Sederhana Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lebih Lama
Smartphone di era ini pun sudah menambah berbagai fitur-fitur canggih namun ada yang tidak di barengi dengan baterai yang mempuni bahkan ada yang hanya bertahan berapa jam saja, nah maka dari itu saya akan berbagi tips cara menghemat baterai android biar lebih hemat.

1. Pakailah Wallpaper Hitam

Cara yang pertama adalah menunggunakan Wallpaper hitam, jika smartphone kamu ber teknologi layar AMOLED, Karena layar AMOLED hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja

AMOLED (Active-Matrix Organic Light- Emitting Diode) adalah, layar amoled yang terdiri dari bahan organik yang akan menghasilkan cahaya ketika ada aliran arus listrik

Maka dari itu jika memakai wallpaper hitam, maka layar akan terlihat gelap sehingga daya baterai yang di konsumsi oleh layar akan lebih sedikit

Di Forum XDA Developers pun pernah ada yang melakukan percobaan dan hasil'nya adalah kita dapat menghemat sekitar 6% daya baterai/jam pada 20% brightness dengan menggunakan wallpaper hitam pada layar AMOLED.

2. Jangan Gunakan Live Wallpaper

live Wallpaper
Sumber: www.androidpit.com

Memakai Live Wallpaper bisa membuat tampilan smartphone kamu lebih hidup dan menarik, namun di balik itu semua, membuat daya baterai smartphone kamu cepet habis, maka saya sarankan jangan memakai Live Wallpaper.

3. Hapuslah Widget yang tak diperlukan

Semakin banyak Widget di layar smartphone kamu, maka daya baterai akan cepet habis, segeralah hapus Widget yang tak perlu

apalagi widget yang terhubung ke internet seperti widget cuaca, widget Twitter, widget facebook, widget Gmail dan masih banyak lagi, itu bisa membuat komsumsi daya baterai lebih banyak.

bukan hanya itu saja semakin banyak Widget yang terpasang, konsumsi RAM pun lebih banyak efeknya Hp menjadi lemot.

4. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Atur Kecerahan layar
Sumber: www.droidpoin.com

Cara menghemat baterai yang ke 4 adalah atur tingkat kecerahan layar menjadi rendah, tips ini sangat ampuh untuk menghemat daya baterai

tapi perlu di ingat kecerahan layar yang terlalu rendah bisa merusak mata kita jadi atur sedang-sedang saja sesuaikan kecerahan dengan mata kita.

Jangan menggunakan fitur auto brigtness yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya ambient ruangan, Karena fitur auto brightness akan memberikan tingkat kecerahan layar lebih dari yang kamu butuhkan, jadi pakai yang secara manual saja.

5. Atur Waktu Tidur Android

Tips yang ke 5 adalah atur waktu tidur android, yang dimaksud disini ketika layar mati secara otomatis saat android tidak digunakan, karena semakin lama layar tetap menyala maka daya baterai akan cepat terkuras, karena layar salah satu penyerap daya baterai terbesar di android

coba kamu bayangkan, jika waktu tidur layar android diatur untuk tidur dalam hitungan menit maka konsumsi baterai yang di hasilkan dua kali lipat lebih banyak jika di bandingkan dengan mengaturnya hanya dalam waktu 30 detik.

6. Matikan Fitur yang Tidak Dipakai

Beberapa fitur umum di smartphone seperti Data internet, GPS, Bluetooth, atau NFC serta fitur khusus seperti air gestures dan smart scrolling itu sangat memakan cukup banyak daya baterai, Jika kamu tidak menggunakannya, maka matikan fitur-fitur tersebut.

7. Update Operasi System Android

Dengan Mengupdate Operasi System Android kamu akan merasakan performa yang jauh lebih baik di smartphone kamu, semisal di android 6.0 marshmallow, pengembang android telah menciptakan Fitur cangih yakni bernama Doze.

Doze itu sendiri bisa membuat baterai android kita tahan lama, bahkan saat baterai akan habis atau ngedrop, Ketika smartphone android tidur, Doze akan otomatis bekerja, Dan senangnya kita masih bisa mendapatkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi penting.

Tapi sayang dbalik kelebihannya pun, terdapat satu kekurangan, yakni doze hanya bekerja ketika smartphone android benar-benar diam.

Sehingga Doze tidak akan bekerja ketika anda menaruh android di saku dan jalan-jalan sepanjang hari, tetapi dengan keterbatasannya, fitur Doze sangat mengagumkan!.

8. Aktifkan Mode Penghemat Baterai atau pakai Aplikasi Pihak ke 3

Hemat beterai
Sumber: www.jontekno.com

Semartphone masa kini pun sudah di lengkapi fitur penghemat baterai yang bisa kamu manfaatkan, biasanya penghematan yang dilakukan adalah dengan mengatur pencahayaan layar, dan mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background.

Namun jika kamu tidak punya menu fitur penghemat baterai di pengaturan, maka bisa di akali dengan aplikasi pihak ke 3, semisal Du Battery Server

Du Battery Server sendiri memilik banyak fitur-fitur unggul yang perlu kamu coba, seperti Mode Preset Cerdas, yang memungkinkan Memilih atau menyesuaikan mode yang sesuai dengan penggunaan energi Anda.

atau fitur Cooler Ponsel, Fitur pendinginan berfungsi yang melalui pemantauan, pengelolaan, dan penonaktifan secara sistematis aplikasi pengguna CPU untuk melindungi perangkat keras Anda,

dan masih banyak lagi fitur-fitur yang dimiliki Du Battery Server.

9. Bawa PowerBank dan Charger Original saat kemana-mana

PowerBank
Sumber : www.powerbankguide.com

Powerbank sangat membatu sekali saat listrik padam atau saat tidak ada colokan listrik, sekarang pun banyak powerbank yang sudah menyediakan berbagai kapasitas, semakin tinggi kapasitasnya semakin lama pula semartphone kalian tetap menyala.

Dan jangan lupa gunakan Charger Original saat kalian Charger Smartphone, supaya menghindari yang tidak di ingin kan, seperti Over daya listrik yang bisa membuat smartphone terbakar.

Dan saya akan kasih sedikit tips buat kamu, saat kamu mau charger semartphone kamu, chargerlah saat daya baterai 15% dan segera cabut charger saat sudah 90-95% dengan cara ini baterai kalian akan lebih awat tidak cepet soak.

Sekian terimakasih telah membaca artikel saya tentang 9 Cara Sederhana Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lebih Lama semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap kunjungi blog ini selalu... salam /|\

0 Response to "9 Cara Sederhana Menghemat Baterai Android Agar Tahan Lebih Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel